Monday, March 23, 2015

Macam-Macam Seri Lokomotif Di Indonesia

Lokomotif uap

Seluruh lokomotif uap di Indonesia dioperasikan selama era kolonial Belanda hingga era PJKA, di masa-masa 1980-an. Lokomotif pertama di Indonesia adalah NIS 1
dan 2 milik Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij, untuk melayani jalur kereta api Samarang NIS-Tanggung. Daftar lokomotif uap di Indonesia berikut tidak mencakup semua lokomotif uap yang dioperasikan oleh semua operator KA di Hindia-Belanda. Berikut adalah daftar lokomotif uap di Indonesia.
  • B25
  • B27
  • B50
  • B51
  • B52
  • BB10
  • C11
  • C12
  • C14
  • C15
  • C16
  • C17
  • C18
  • C19
  • C20
  • C21
  • C23
  • C24
  • C25
  • C26
  • C27
  • C28
  • C29
  • C30
  • C33
  • C51
  • C53
  • C54
  • CC50
  • D10
  • D11
  • D14
  • D15
  • D50
  • D51
  • D52
  • E10
  • F10
  • DSM 22
  • DSM 28
  • DSM 38
  • DSM 48
  • DSM 55
  • NIS 107
  • DD50/DD51/DD52
  • SS 200T/300T
  • TC10
  • TD10
  • Lokomotif diesel

    Lokomotif diesel adalah kendaraan rel yang menggunakan tenaga diesel untuk menggerakkan seluruh rangkaian kereta api. Lokomotif diesel pertama di Indonesia adalah CC200.

    Diesel elektrik

    Diesel hidroli

    • B100/B200/B201 (Bima Kunting I, II, III)
  • BB300
  • BB301
  • BB302
  • BB303
  • BB304
  • BB305
  • BB306
  • C300
  • C301
  • CC300 (milik Ditjen Perkeretaapian)
  • D300
  • D301
  • Kebo Kuning
  • Lokomotif listrik

    Kereta derek

    • FIGEE
  • UH-995
  • Kirow
  • Gottwald
  • Brotoseno

  • sumber : http://jadwal-kuliah-trianandra.kuliahkaryawan.my.id/_b.php?_b=info&id=64816

    No comments:

    Post a Comment